1:01 AM
0
TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
MENERIMA KEGAGALAN SEBAGAI PELAJARAN DALAM BERBISNIS


Karya Ilmiah Kuliah Bisnis

NAMA : Muhammad Muqqarrabien Sakti
NIM     : 14.12.8162
KELAS  : 14-S1-SI-06


S  T  M  I  K   A  M  I  K  O  M   Y  O  G  Y  A  K  A  R  T  A
Tahun Ajaran 2014/2015



KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT, atas segala limpahan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas ahir dari kuliah Bisnis.

Dorongan dari orang tua saya dan juga tidak lupa dukungan dari teman-teman saya yang begitu besar sehingga saya bias menyelesaikan tugas karya ilmiah lingkungan bisnis ini dengan tepat waktu. Sehingga saya mengucapkan banyak terimakasih untuk semuanya.

Saya sadar bahwa karya ilmiah tentang Terima Kegagalan sebagai pelajaran dalam Berbisnis ini masih jauh dari sempurna, maka saran dan kritik yang membangun dari pembaca amatlah saya harapkan demi sempurnanya karya ilmiah tentang Terima Kegagalan sebagai pelajaran dalam Berbisnis. Semoga karya ilmiah lingkungan tentang Terima Kegagalan sebagai pelajaran dalam Berbisnis dapat bermanfaat dan dipakai sebagai bahan referensi yang dapat memberikan wawasan luas dalam bisnis.
                                                           Yogyakarta, 03 Maret 2015





                                                                                      Penyusun


   
  Muh.Muqqarrabien Sakti







BAB I
PENDAHULUAN

A.Abstrak
Saat ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan di Indonesia. Banyak pengusaha-pengusaha yang sukses berkat perjuangan dan kerja keras dari team yang ada di perusahaan tersebut, namun banyak juga para pengusaha yang tidak langsung sukses dan mengalami masa-masa kegagalan dalam berbisnis, tetapi hebatnya seorang entrepreneur sejati tidaklah langsung menyerah begitu saja ketika gagal dalam berbisnis, tetapi kegagalan diguanakan sebagai pembelajaran supaya tidak mengalami hal yang sama di kemudian hari.




BAB II
PEMBAHASAN
Terimalah kegagalan sebagai pembelajaran dalam berbisnis kata seperti itu memang sulit diterima oleh masyarakat yang ingin atau sedang merintis bisnisnya, memang dalam setiap bisnis sering atau rawan sekali dengan yang namanya kegagalan, kegagalan adalah SPP dalam berbisnis kata M.Suyanto seorang entrepreneur hebat yang saya kenal, tetapi janganlah takut gagal dalam berbisnis karena ada cara bagaimana menerima  kegagalan dalam berbisnis sebagai pembelajaran.
Kiat Menerima Kegagalan sebagai pembelajaran dalam berbisnis:
1. Strategi Membalik Mangkok
Senajata yang ampuh untuk menapaki tangga-tangga bisnis adalah sikap mental positif. Ada beberapa strategi untuk menjadi orang yang bersikap mental positif.salah satu strategi itu adalah strategi membalik mangkok. Strategi membalik mangkok adalah strategi melihat suatu kejadian yang negatif  atau kegagalan dari sisi positif. Ketika anda berangkat kuliah dengan mengendarai sepeda motor, tiba-tiba saja ban sepeda motor anda terkena paku sehingga kempes. Akibatnya , anda tak dapat melanjutkan perjalanan menuju tempat kuliah. Barangkali juga anda akan terlambat. Jika dengan menggunakan strategi membalik mangkok, Anda masih bisa mengatakan  “untung sepeda motor saya terkana paku, kalau tidak bisa-bisa saya malah keseruduk bis”. Dengan strategi ini lama-lama anda akan terlatih dan tetap terjaga dalam sikap mental positif.
2.Kambing Hitam
Demikian halnya ketika Nanto dipecat oleh pacarnya yang kedua kalinya, Nanto berusaha tidak mengkambing hitamkan pacarnya tersebut.  Dia menyadari bahwa dia hanya mahasiswa FMIPA jurusan Fisika UGM, yang terbukti kalah bersaing dengan mahasiswa Teknik Arsitektur  UGM. Dia pun memompa diri belajar komputer secara keras agar nanti menjadi sarjana Fisika plus ahli Komputer. Dengan demikian posisi tawar saya menjadi lebih baik.Nanto tetap tabah cintanya di tolak berkali-kali oleh pacarnya sampai akhirnya cinta yang keenam yang akhirnya menjadi istrinya sekarang. Hikmah yang Nanto petik adalah bahwa ALLAH SWT memilihkan istri terbaik buatnya.
3. Kambing Putih
Banyak orang ketika mengalami kegagalan dalam membuka dan menjalankan usahanya, cenderung menyalahkan lingkunganya, bawahanya pesaingnya dan semua yang berhubungan dengan kegagalan tersebut. Kita lebih suka mengambinghitamkan orang lain dari pada melakukan koreksi diri dan memperbaiki kesalahan yang kita lakukan , kemudian dengan kerja keras mencoba untuk bangkit kembali. Kegaglan pada dasarnya merupakan pelajaran berharga jika anda bisa melihat sisi positif dari kegagalan tersebut.

BAB III
PENUTUPAN
A. KESIMPULAN
Kegagalan dalam berbisnis memanglah wajar banyak factor yang mempengaruhinya, para pebisnis yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dalam dunia bisnis juga masih sering mengalami kegagalan apalagi para pebisnis yang baru terjun didunia bisnis. Dalam berbisnis kita hanya bisa berusaha sebaik mungkin semampu kita dan berdo’a supaya bisa sukses dalam berbisnis.
B. REFERENSI
Buku M.Suyanto, 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang











0 comments:

Post a Comment

Translate